Suhu Haryanto Djajanegara: Dengan Fengshui Bangunan Lebih Berenergi dan Memiliki ‘Roh’

Written by

HiomerahMulai Selasa (26/1/2021) lalu sampai Jumat (29/1/2021), Hiomerah menyajikan prediksi Tahun Kerbau Logam 2021 secara bersambung. Semua berdasar penuturan Suhu Haryanto Djajanegara. Berikut ini profil singkat konsultan fengshui dari Surabaya tersebut.

Haryanto Djajanegara adalah konsultan fengshui dari Home Energy Analysis – Synergi Fengshui & Architecture yang namanya cukup dikenal di Surabaya. Ilmu fengshuinya didapat dari Fengshui School dan Paguyuban I-Ching, Surabaya. Laki-laki ramah ini juga pernah menimba ilmu dari Santoso Chandramulyana, Jakarta.

Seusai menyelesaikan SMA di kota kelahirannya, Kediri, pria 13 September 1960 ini, merantau ke Surabaya. Di sini, dia melanjutkan studinya di jurusan tekhnik arsitektur di sebuah perguruan tinggi. Saat kuliah inilah, ayah Haryanto, Ananta Djajanegara, menganjurkannya untuk mempelajari pula ilmu fengshui.

Namun, keengganan dialaminya karena pikiran rasionalnya menganggap bahwa ilmu fengshui cenderung tidak masuk akal dan lebih kental mistik. Tugas akhir kuliah justru akhirnya yang mendekatkannya pada ilmu pengaturan tata letak dari daratan Tiongkok tersebut. Jawaban dia peroleh, bahwa apa yang dia pikir tidak rasional dan penuh klenik, ternyata salah.

“Justru fengshui yang lebih memperkaya nilai suatu bangunan. Dengan fengshui, bangunan jadi lebih berenergi, lebih bermakna, hidup, dan memiliki ‘roh’,” ungkapnya.

Sejak itu, dia mulai  menggeluti dan belajar lebih serius tentang fenghui. Selain lewat buku, orang-orang yang mumpuni dalam ilmu ini pun dia datangi. Haryanto pernah belajar pada Mauro Rahardjo, Master Hong xian Yi, dan Santoso Chandra Mulyana di Jakarta. Juga di Yayasan I-Ching, sebuah perkumpulan di Surabaya yang aktif memberi pelajaran metafisika.

Suhu Haryanto saat melayani konsultasi fengshui di Kelenteng Mbah Ratu, Surabaya.

Suhu Haryanto memakai perpaduan berbagai parameter untuk analisa fengshuinya. Parameter-parameter itu adalah xuang kong fengshui, fengshui 8 rumah, fengshui 64 hexagram, dan zi wei dou shu atau four pillar.

“Saya memakai berbagai parameter yang harus saya padukan dalam satu paket. Bagaimana cara meramunya, itu butuh pengalaman lapangan,” kata Haryanto.

Saat ini Haryanto dikenal sebagai konsultan desain rumah, audit rumah, dan desain logo. Dia menamai lembaga konsultannya dengan Home Energy Analysis – Synergi Fengshui & Architecture. Selain di rumahnya, kawasan Darmo Permai Utara, Surabaya, saat ini Haryanto melayani konsultasi di Kelenteng Mbah Ratu, setiap tanggal 1 dan 15 kalender Imlek. Haryanto juga bisa dihubungi lewat email: homeengergyanalysis@yahoo.com. HK

 

Article Tags:
Article Categories:
Sosok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares