Sambut Imlek dengan Benda Pembawa Hoky

Written by
Hiomerah – Benda-benda yang banyak dijual saat menyambut Tahun Baru Imlek ini memiliki aura melancarkan usaha dan menjaga kesehatan. Namun tempat dan waktu peletakannya harus diperhatikan.

Menjelang Tahun Baru Imlek, pernak-pernik yang berhubungan dengan perayaan ini biasanya banyak ditawarkan. Di antaranya adalah benda-benda yang oleh masyarakat Tionghoa dipercaya bisa mendatangkan hoky atau keberuntungan. Seperti patung kucing melambai, Budhha tertawa, kapal uang, koin emas, dan banyak lagi.

Selain mendatangkan hoky, orang Tionghoa bahkan percaya benda-benda itu bisa memperkuat fengshui bila ditempatkan di rumah atau tempat usaha. Di dua tempat tersebut, aura yang dipancarkannya dipercaya bisa melancarkan usaha dan menjaga keselamatan.

Namun dengan hanya menyimpan benda-benda tersebut, tidak serta-merta hoky yang diharapkan akan datang. Pakar fengshui Suhu Yusuf Bingo Tanuwijaya (alm), dalam Majalah Liberty edisi 2511 menyebut bahwa bentuk, lokasi penempatan, dan waktu peletakan pertama kali harus diperhatikan. Bila itu diabaikan, benda-benda tersebut hanya berhenti sebatas hiasan saja.

Patung Kucing.

Lucky Cat

Benda dimaksud adalah maneki neko atau lucky cat, yaitu patung kucing yang salah satu kaki depannya bergerak-gerak atau dalam sikap memanggil. Maknanya untuk menarik perhatian dan memanggil pembeli. Dengan kata lain, memasang benda ini berarti berupaya agar rejeki selalu datang.

Dengan kekuatan seperti itu, sebaiknya patung kucing diletakkan di sebelah meja kasir atau mesin hitung. Namun agar khasiatnya lebih manjur, perlu ditambahkan uang keping Tiongkok kuno sebanyak delapan buah di sekelilingnya. Waktu peletakan pertamanya pun harus diperhatikan, yaitu pada pagi atau siang tanggal 15 Imlek.

Patung Katak

Patung Katak

Berbentuk katak yang kaki-kakinya berjari tiga dan sedang menggigit uang logam. Patung katak seperti ini memiliki kekuatan memicu rejeki agar terus datang.

Agar kekuatan tersebut muncul, patung ini harus diletakkan di atas atau di bawah meja kerja. Bila di atas meja, harus menghadap keluar, bila di bawah meja menghadap ke dalam dan di sebelahnya diletakkan secawan air. Waktu peletakan pertamanya sesuai kata hati atau keinginan.

Gambar Bunga atau Buah Persik

Foto Bunga dan Buah Persik

Gambar bunga dan buah yang mirip kesemek ini bisa berupa lukisan atau fotonya. Dimulai siang hari pada tanggal 15 Imlek digantung di dinding di belakang meja kerja. Khasiatnya membuat usaha lancar, tidak mendapat rintangan dari seteru atau lawan.

Gambar Bunga Peony

Lukisan Bunga Peony.

Lukisan atau foto bunga yang di Indonesia mirip bunga seruni ini, digantung di sisi kanan meja kerja dan menghadap ke samping. Jangan sekali-kali menghadap ke depan. Awal, menggantungnya sebelum tengah hari pada tanggal 7 bulan 2 Imlek. Auranya bisa melindungi dari penipuan uang dan barang, atau penagihan lancar.

Tiruan Kapal

Tiruan Kapal Harta.

Bisa berupa replika, foto, lukisan, dan patung, dari bahan apapun. Lebih bagus lagi bila kapal tersebut sedang mengangkut uang. Diletakkan di sisi kiri meja, menghadap ke dalam, dimulai pada tengah hari tanggal 9 bulan 8 Imlek. Khasiatnya sangat banyak, mulai banyak rejeki hingga kesuksesan lainnya.

Koin Tiongkok Kuno

Koin Tiongkok Kuno

Jumlahnya bisa sembilan, delapan, atau tiga keping. Koin Tiongkok kuno sembilan keping yang diikat jadi satu dan digantungkan di dinding, berkhasiat melancarkan jalannya usaha. Koin delapan keping yang diikat jadi satu dan dimasukkan di laci uang atau brankas berkhasiat agar uang tidak cepat habis. Sedangkan tiga keping koin yang diikat jadi satu dan dimasukkan dompet, membuat rejeki selalu menghampiri.

Peletakan ikatan koin tersebut di tempatnya masing-masing dimulai saat terang bulan pada tanggal 15 Imlek. Antara jam 21.00 hingga 01.00, atau saat jam babi dan jam tikus. Dipilih waktu tersebut karena jam babi dipercaya membawa berkah dan jam tikus membuat uang terkumpul.

Patung Dewa Uang

Patung Dewa Uang

Paling bagus Dewa Uang yang memakai busana kerajaan, duduk di punggung macan, tangan kanan membawa uang, dan tangan kiri memegang tongkat. Diletakkan di meja khusus yang posisinya diagonal dengan dengan pintu utama atau pintu masuk. Mulai diletakkan pada jam 08.00 tanggal 15 Imlek, berkhasiat membawa keberuntungan.

Patung Dewa Kwan Kong

Patung Dewa Kwan Kong

Dalam bentuk patungnya, panglima perang legendaris ini memiliki empat  sikap yang masing-masing memiliki aura atau khasiatnya sendiri.

Pertama, sikap duduk membaca buku, berkhasiat menyatukan rasio, naluri, dan intuisi, sehingga pintar dalam mengatur strategi bisnis.

Kedua, berdiri membawa bendera, untuk menghilangkan hawa-hawa tidak baik.

Ketiga, berdiri membawa tombak, beraura menghalau hawa-hawa magic.

Keempat, berdiri dengan empat bendera perang di punggungnya, berkhasiat menghalau musuh nyata (saingan bisnis).

Semua patung Dewa Kwan Kong juga dipercaya bisa menjaga keselamatan pribadi dan melancarkan bisnis. Namun sebenarnya hanya khasiat penjaga keselamatan saja yang muncul. Karena pada dasarnya semua bisnis tidak ada yang jujur dan ini bertentangan dengan Kwan Kong yang dikenal sebagai dewa kejujuran.

Patung dewa ini sebaiknya diletakkan di tempat yang lebih tinggi dari kepala kita dan menghadap keluar. Awal penempatannya bisa kapan saja.

Patung Dewa Fu Luk So

Patung Dewa Fu Luk So

Fu Luk So adalah sebutan untuk tiga dewa yang membawa berkahnya masing-masing. Dewa Fu yang berjubah merah dengan sebongkah besar emas di tangan, membawa kelimpahan rejeki. Dewa  Luk yang berjubah biru, membawa berkah kebahagiaan. Dewa So yang berbaju kuning dan berjanggut panjang, menyebarkan berkah umur panjang.

Sebaiknya ditempatkan di ruang makan, bukan di ruang kerja. Karena ketika ketiganya berkumpul, lebih bermanfaat untuk meningkatkan kepandaian, kesehatan, dan panjang umur. Awal penempatannya bisa kapan saja.

Patung Kilin

Patung Kilin

Mahluk mitos yang merupakan gabungan dari beberapa bentuk binatang ini, membawa aura keselamatan dan perlindungan. Diletakkan di dinding samping atau belakang ruang tamu atau ruang keluarga. Waktu pemasangannya menurut kesempatan dan keinginan.

Patung Anjing Fu

Patung Sepasang Anjing Fu

Anjing pembawa keberuntungan ini harus sepasang, diletakkan di sisi atas pintu gerbang kanan dan kiri. Sesuai letaknya, patung ini bermanfaat untuk menolak kuasa kegelapan. Awal peletakannya pada tengah hari antara jam 11. 00 hingga 13.00, tanggal dan harinya kapan saja.

Patung Bi Lik Hud

Patung Bi Lik Hud

Patung Buddha ini juga terdiri dari beberapa sikap atau pose; tertawa, tidur, berdiri, dan duduk. Namun dari empat sikap itu, yang paling baik adalah Buddha tertawa sambil membawa uang.

Patung Buddha yang juga disebut Bi Lik Hud itu bermanfaat untuk mencerahkan hati. Juga mendatangkan insting hingga bisnis lancar. Agar aura itu muncul, sebaiknya diletakkan di meja kerja sisi kiri dan menghadap ke depan. Awal peletakkannya sesuai kata hati. HK.

 

 

 

 

1 2 3 4 5

Article Tags:
Article Categories:
Fengshui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares