Menimba Hoky di Keindahan Taman (4-Habis); Efek Buruk Pesta Barbeque

Written by
Hiomerah – Taman di barat laut jangan dipakai untuk pesta barbeque karena bisa menimbulkan jiong. Bila jiong terjadi, berbagai hambatan pun bisa menghadang usaha pemilik rumah.

Taman di Barat Laut

Pada arah dan sektor barat laut, sebuah taman bisa membawa pengaruh berupa keadaan usia pemilik rumah, hal-hal yang berkaitan dengan perjalanan, dukungan dari pihak yang lebih kuat, bimbingan ayah, dan wibawa seorang kepala keluarga.

Di taman ini hindari unsur api, seperti penerangan buatan yang berlebihan dan warna-warna merah. Pemakaian unsur batu dibanding unsur tanaman sangat bagus untuk menunjang sektor barat laut. Bahan pagar sebaiknya terbuat dari besi stainless, dengan warna metalik, putih, hitam, atau biru tua. Pagar dari batu juga bisa selaras, atau gabungan keduanya, besi dan batu.

Tanaman yang cocok di sini adalah tanaman-tanaman dengan bunga berwarna putih (unsur besi), seperti melati dan kaca piring. Bisa pula tanaman-tanaman dengan bunga berwarna kuning (unsur tanah) seperti bunga mentega, juga bambu kuning.

“Untuk taman di barat laut ini jangan pernah dipakai untuk acara pesta barbeque karena bisa menimbulkan efek jiong atau clash,” jelas konsultan fengshui Haryanto Djajanegara.

Bila jiong terjadi, akibatnya bisa berupa hambatan pada usaha pemilik rumah, kurang mendapat dukungan dari pihak yang lebih kuat dalam  usaha, seorang ayah tidak bisa memberi bimbingan pada anak dan keluarganya, dan kewibawaan seorang ayah diremehkan oleh anak dan anggota keluarganya.

Konsultan Fengshui Haryanto Djajanegara.

Material Taman

Di dalam menciptakan keseimbangan yin dan yang, guna mengimbangi bentuk rumah yang kaku berbentuk kotak dan garis-garis lurus, maka hindari pula bentuk taman yang kaku. Bentuk lengkung dan melingkar lebih disarankan, terutama untuk taman di sektor utara, barat, dan barat laut.

Namun untuk taman di sektor timur, timur laut, tenggara, selatan, dan barat daya, bentuk lengkung dan melingkar sebaiknya dihindari. Di sektor-sektor ini, bentuk taman dapat ditata dengan posisi acak sehingga terkesan tidak kaku atau formal.

Stepstone atau Paving Jalan Setapak

Pola tatanan disarankan berliku-liku atau acak. Ini berguna untuk memberi keseimbangan dan memperlambat aliran chi, sehingga bisa mengendap dan tidak keluar dari lahan.

Elemen Air

Air adalah lambang kesuksesan, kelancaran rejeki, dan keberuntungan. Dalam sebuah taman, keberadaan air bisa meningkatkan chi keberuntungan dan efek terapi yang menenangkan. Untuk itu, ada syarat yang dipenuhi, yaitu air harus selalu bersih, selalu mengalir dan bergerak, serta harus bisa menimbulkan suara gemericik.

Namun tidak semua sektor atau bagian lahan di mana taman berada bisa diberi elemen air, seperti barat daya, timur laut, dan selatan. Syarat lainnya, harus dilihat dulu apakah individu pemilik taman memerlukan unsur air atau justru tidak memerlukannya.

Suara

Merupakan energi getaran, suara alami dapat mendatangkan atau menghasilkan chi. Bagi yang mendengarkannya bisa mendapatkan efek positif,  menenangkan syaraf (menghilangkan stress), menyegarkan jiwa dan perasaan.

Suara alami dapat dihasilkan dari desir angin pada tanaman, gemericik air terjun yang mengalir, kicauan burung, dan lonceng angin, yang dapat menghasilkan chi positif.

Pagar

Bentuk pagar sangat beragam tergantung desain arsitekturnya dan selera penghuni rumah. Bahan pagar bisa dari kayu, besi, gabungan kayu dan besi, batu, gabungan batu dan besi, serta gabungan batu dan kayu. Tanaman juga bisa dijadikan pagar.

Sementara desainnya sebaiknya disesuaikan dengan unsurnya; bulat (besi), bergelombang (air), lurus horizontal (tanah), lurus vertical (kayu), dan segitiga runcing-runcing patah (api). Bahan dan bentuk pagar sebaiknya memenuhi kaidah keselarasan sehingga bisa sesuai dengan sektor taman yang ditempati.

“Contohnya, pagar di sektor timur lebih cocok menggunakan bahan kayu atau dengan garis-garis lurus ke atas. Di sektor timur, pagar besi bisa dipakai dengan motif bergelombang dan berwarna hitam atau biru tua,” pungkas Haryanto. HK

 

1 2 3

Article Tags:
Article Categories:
Fengshui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares