Menimba Hoky di Keindahan Taman (3); Jalan Sukses Wanita Karir

Written by
Hiomerah – Bagi yang menginginkan ketenaran, keberhasilan, di dalam studi maupun pekerjaan, taman di sektor selatan sangat pas. Terlebih lagi jika penghuni tersebut adalah perempuan muda yang sedang meniti karir.  

Taman di Barat Daya

Menurut konsultan fengshui Haryanto Djajanegara, pada arah dan sektor barat daya, sebuah taman bisa membawa pengaruh perkawinan yang bahagia, mengundang perjodohan, keharmonisan keluarga, dan mengembangkan kasih seorang ibu. Rumah sakit bersalin, panti asuhan yatim piatu, cocok menerapkan taman di sektor ini.

Konsultan Fengshui Haryanto Djajanegara.

Pantang ada unsur kayu dan unsur air di sektor ini, sehingga lebih cocok sebagai taman kering. Bisa dengan tema relief tebing dan batu-batuan yang unsur tanahnya lebih dominan. Seandainya ada tanaman (unsur kayu), gunakan seminim mungkin. Pilih tanaman dengan bunga warna merah, seperti mawar, soka, atau bunga mentega (nerium oleander) dan azela pink (rhododendron sp).

Jika di taman barat daya terdapat banyak unsur kayu dan air dibanding unsur tanahnya, dan kurang unsur api pendukungnya, beberapa pengaruh buruk bisa terjadi. Rumah tangga menjadi rawan cekcok, sering terjadi perselisihan antara suami-istri. Jika pemilik rumah masih single atau terdapat anak gadis yang masih jomblo, maka akan sulit mengundang bintang jodoh.

“Ibu atau istri di rumah itu juga bisa mengalami gangguan organ dalam perutnya atau kandungannya. Ibu atau istri bisa pula mengalami perasaan tidak bahagia atau merasa kurang puas pada kehidupan rumah tangganya,” ungkap Haryanto.

Anjing piaraan cocok ditempatkan di taman di sektor ini. Sebaiknya sepasang jantan dan betina sebagai lambang keharmonisan dan kebahagiaan hidup bersama. Namun taman di sektor ini tidak dianjurkan memakai pagar berbahan kayu. Pagar dari batu (unsur tanah) lebih cocok dan selaras.

Bunga berwarna merah seperti mawar cocok ditempatkan di taman barat daya. (Foto: net).

Taman di Selatan

Taman di sektor ini bisa membawa keberuntungan berupa peluang yang baik, penghargaan, dan kebahagiaan penghuni rumah. Juga bisa mendatangkan hasil yang gemilang dan mendukung terciptanya ketenaran, popularitas, atau keterkenalan dalam segala usaha dan tindakan.

“Selain rumah tinggal, taman di sektor selatan juga cocok untuk lembaga-lembaga pendidikan seperti kursus, sekolah, dan perguruan tinggi, yang membutuhkan ketenaran,” jelas konsultan fengshui dari Surabaya itu.

Bagi penghuni rumah yang menginginkan banyak ketenaran, keberhasilan, di dalam studi maupun pekerjaan, sangat cocok membangun taman di sektor selatan. Terlebih lagi jika penghuni tersebut adalah perempuan muda yang sedang meniti karir.

Pantang  adanya kolam ikan dan unsur air lainnya di taman ini. Unsur air justru akan membuat jiong atau pertentangan (air mematikan api) sehingga apa yang diharapkan tidak bisa terealisasi. Di taman ini lebih cocok bila ditempatkan bermacam jenis burung peliharaan. Burung yang termasuk unsur api akan meningkatkan chi sektor ini.

Burung jenis apapun di taman sebelah selatan bisa men:ingkatkan chi. (Foto: net).

Sementara tanaman yang cocok untuk taman di sektor ini adalah tanaman bunga berwarna merah seperti mawar, soka, dan lain-lain. Bisa juga dengan tanaman pare yang berasa pahit (unsur api) dan lidah mertua.

Pencahayaan, alami maupun buatan, mutlak diperlukan untuk taman di sektor ini. Di samping berfungsi dekoratif, pencahayaan juga berguna menguatkan unsur api.

“Bagi yang suka mengadakan pesta semacam barbeque dan bakar-bakaran yang lain, tepat dilakukan di taman ini karena sektor ini cocok untuk acara berhubungan dengan api,” lanjut Haryanto.

Taman di Barat     

Anugerah berupa anak atau keturunan dan meningkatnya ativitas anak, merupakan pengaruh positif yang dibawa taman di sektor barat. Maka, kamar tidur atau ruang bermain anak sangat bagus bila berdekatan dengan taman ini. Sekolah taman kanak-kanak, play group, taman bermain anak, rumah penitipan anak, atau lembaga kursus untuk balita, juga cocok menerapkannya.

Hindari unsur api di taman sektor ini, sehingga penerangan yang berlebihan, baik alami atau buatan, tidak cocok. Penggunaan warna merah juga harus dihindari. Sebaliknya penggunaan unsur batu sangat menunjang. Tanaman dengan warna putih (unsur logam) seperti melati dan kaca piring, sangat dianjurkan.

Mengadakan pesta barbegue di taman sektor barat justru mendatangkan jiong. (Foto: net).

Bila dibutuhkan pagar taman, bahan yang terbaik adalah dari besi, stainless atau besi cor. Bisa dengan warna metalik, putih, hitam, atau biru. Bisa pula pagar yang terbuat dari batu (unsur tanah) atau gabungan besi dan batu. Sementara hewan peliharaan yang cocok ditempatkan di taman di sektor ini adalah ayam, namun bukan ayam jenis petelur.

Bila taman di selatan cocok untuk pesta bakar-bakaran atau barbeque, tidak dengan taman di sektor barat. Mengadakan acara semacam ini di sini, akan menimbulkan terjadinya jiong atau clash. Akibat yang ditimbulkan adalah masalah pada anak, misalnya gangguan kesehatan dan kepribadiannya. Bisa pula menimbulkan rasa tidak bahagia atau stress pada anak. Sementara bagi yang mengharapkan momongan atau keturunan akan sulit mendapatkannya.

“Karena itu bagi yang belum punya momongan dan menginginkannya, coba aktifkan dan desain taman di bagian barat mengacu pada syarat-syarat di atas,” ujar Haryanto. HK (Bersambung)

 

1 2 3

Article Tags:
Article Categories:
Fengshui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares