Menimba Hoky di Keindahan Taman (2); Mengundang Rejeki Berlimpah

Written by
Hiomerah – Taman membawa banyak energi positif, bahkan keberuntungan pada penghuni rumah. Bila terletak di sektor tenggara bisa membawa energi kekayaan materi dan keberlimpahan.

Konsultan Fengshui Haryanto Djajanegara.

Taman di Timur Laut

Di sektor ini, sebuah taman bisa membawa pengaruh positif berupa pertumbuhan kebijaksanaan dan intelektual, serta mengembangkan ilmu pengetahuan. Jika penghuni rumah bergerak di bidang keilmuan seperti guru, dosen, atau pengajar di lembaga pendidikan, sangat cocok bila memiliki taman di sektor ini.

Pantang ada kolam air di taman sektor ini. Lebih cocok sebagai taman kering. Dianjurkan lebih banyak memakai elemen tanah, yaitu batu-batuan, lebih bagus dan menunjang bila berupa relief tebing. Jika taman ini berada di depan rumah, dapat memakai pagar dari batu beton atau batu alam.

“Warna yang sesuai adalah putih, krem, atau coklat. Pagar besi juga selaras dengan memakai warna putih atau coklat,” jelas konsultan fengshui Haryanto Djajanegara kepada Hiomerah.

Lampu cocok untuk hiasan taman di sektor timur. (Foto: net).

Sebagai hiasan taman, bisa pula dipasang lampu taman. Sementara tanaman yang cocok adalah bambu kuning dan kuping gajah. Warna kuning mewakili warna elemen tanah. Di taman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai kandang anjing peliharaan karena anjing berunsur tanah.

Taman di Timur

Sebuah taman yang dibangun di sektor ini bisa membawa pengaruh pada kesehatan, penyegaran, peremajaan, penghuni rumah, dan kehidupan berkeluarga. Sangat pas untuk penghuni rumah yang berprofesi sebagai penyembuh, baik tradisional maupun modern, usaha obat-obatan tradisional atau herbal, rumah obat, dan klinik kesehatan.

“Kita tahu bahwa matahari terbit di timur dan membawa banyak manfaat pada seluruh makhluk di bumi sehingga dapat dikatakan bahwa segala sesuatu yang bersifat pembaruan atau awal keceriaan berasal dari timur,” papar Haryanto.

Kantor, rumah penyembuhan tradisional, rumah sakit, serta gym atau fitness center, sangat cocok jika membangun taman di sektor timur. Energinya bisa mempercepat kesembuhan dan meningkatkan kesehatan.

Agar energi positif tersebut bisa diserap, perlu dihindari elemen yang terbuat dari besi seperti pagar dari besi jika taman berada di depan rumah. Bila dibutuhkan bangku di taman, sebaiknya terbuat dari kayu. Kolam air juga bisa dibuat di sini lengkap dengan ikan atau kura-kura. Taman di sektor ini juga bisa dilengkapi dengan hewan piaraan seperti kelinci (unsur kayu).

Untuk menambah keberuntungan, kelinci cocok dipelihara di taman sisi timur. (Foto: net).

“Untuk tanaman yang cocok bisa pohon jeruk lemon (citrus sp.) dan cabe hias (capsium anuum). Tanaman sayur juga bisa dan aneka tanaman obat tradisional seperti daun sirih, sambung nyawa, atau daun salam,” jelas suhu yang tinggal di perumahan Darmo Satelit Utara, Surabaya, tersebut.

Taman di Tenggara

Inilah sektor yang keberuntungannya paling didamba oleh banyak orang. Taman yang berada di sektor tenggara rumah bisa membawa energi kekayaan materi dan keberlimpahan. Pada dasarnya mendatangkan rejeki keberuntungan yang berkaitan dengan materi kepada penghuni rumah.

Bangunan atau kantor yang berkaitan dengan materi atau keuangan sangat cocok dengan taman di sektor tenggara. Pada taman di sektor ini sangat dianjurkan adanya kolam ikan dan air terjun. Karena air dapat memicu datangnya keberuntungan, lebih aktif dan cepat.

Hewan peliharaan juga dapat ditempatkan di sini, seperti ikan dan kura-kura, untuk menghadirkan chi yang baik. Sementara untuk tanaman yang cocok di sektor ini adalah pohon jeruk.

Untuk lebih mengundang keberuntungan taman di timur rumah bisa untuk pelihara kelinci. (Foto: net).

Ada hal yang perlu dihindari pada taman di sektor tenggara. Yaitu unsur logam yang jiong dengan unsur kayu sehingga bisa berakibat terjadinya ketidakselarasan. Unsur logam di taman sektor ini bisa membuat kemakmuran yang diharapkan jadi sulit terealisasi.

Jadi pemakaian aksesoris taman seperti bangku dan pagar, tidak boleh yang berbahan besi. Lebih baik bila benda-benda tersebut berbahan kayu atau batu, atau gabungan keduanya.

“Jika terpaksa harus memakai bahan besi, gunakanlah warna hitam atau biru tua. Ini karena logam menghasilkan air dan air akan menghidupi kayu. Bisa pula memakai warna hijau, karena kayu saling menopang kayu,” ungkap Haryanto. HK (Bersambung)

 

 

1 2 3

Article Tags:
Article Categories:
Fengshui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares