Menimba Hoky di Keindahan Taman (1); Menunjang Peningkatan Karir

Written by
Hiomerah – Dari sudut fengshui, taman membawa banyak manfaat positif, dari kesehatan hingga keberuntungan. Di sektor utara, penataan taman yang tepat bahkan bisa menunjang peningkatan karir.

Ilmu fengshui memiliki prinsip keseimbangan untuk menyelaraskan 2 kutub, kutub ‘yin’ dan kutub ‘yang’.  Dalam kaitannya dengan rumah tinggal, kutub ‘yin’ bisa diterjemahkan pada area terbuka seperti taman, halaman, atau kolam air. Sedangkan kutub ‘yang’ bisa diterjemahkan pada area berupa bangunan tempat tinggal itu sendiri.

Menurut konsultan fengshui Haryanto Djajanegara, dalam arti makro, area luas kawasan hunian seperti real estate, keseimbangan tersebut adalah perbandingan yang memadai antara area terbuka hijau dan area terbangun. Sedangkan dalam arti mikro, suatu lahan atau kavling haruslah ada atau tersedia area hijau dan terbuka.

Konsultan Fengshui Haryanto Djajanegara.

“Ini berguna untuk menangkap dan menyalurkan chi ke dalam rumah sehingga penghuninya mendapatkan banyak manfaat positif,” kata Haryanto kepada hiomerah.

Manfaat positif tersebut bisa berupa kesehatan, kebahagiaan, keindahan,, dan keberuntungan. Area terbuka dan tanaman mutlak untuk menunjang kesehatan, kemudian hawa segar, aroma bunga, tanaman, dan cahaya terang matahari membawa perasaan bahagia. Kalau sudah sehat dan bahagia, dalam bekerja pun akan dipenuhi oleh semangat tinggi.

“Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika membangun sebuah taman. Harus mempertimbangkan letaknya, jenis tanaman, material elemen taman, material elemen pagar, dan warna dominan taman,” jelasnya.

Letak taman dapat mempengaruhi harapan dan pencapaian yang diharapkan oleh penghuni rumah. Terkadang penghuni rumah tidak sadar atau paham dalam meletakkan taman, sehingga hasilnya tidak sesuai harapan. Terkadang juga salah meletakkan elemen di dalam suatu sektor taman yang berakibat terjadi benturan energi.

Misalnya, taman yang terletak di tenggara dan timur, tidak boleh terlalu banyak diberi elemen batu atau koral. Bila ini terjadi, bukan keselarasan yang didapat, tapi justru mengakibatkan bentrokan energi. Lebih cocok bila di taman itu diperbanyak tanaman berwarna hijau dan kolam yang air dan ikannya bergerak.

Bunga-bunga di taman bisa membawa energi positif bagi penghuni rumah. (Foto: net).

“Sehingga terjadi hubungan chi yang bertumbuh, sehingga dapat diharapkan menstimulus energi chi kesehatan dan keberuntungan penghuni,” ujar ahli fengshui yang tinggal di Darmo Satelit, Surabaya, itu.

Taman di Utara

Sektor atau bagian ini bisa membawa pengaruh pada kreativitas, pengembangan, dan pertumbuhan personal. Pada dasarnya menuju pada peningkatan karir, terutama yang mengapat pengaruh besar adalah putra ke-2 dalam keluarga itu. Karena sifat sektor utara adalah energi air, maka taman di sisi ini cocok untuk mendukung profesi yang berkaitan dengan tour guide, traveling, dan transportasi.

Pada sektor ini dapat diletakkan kolam ikan yang ditunjang dengan air mancur atau air terjun. Bentuk kolam sebaiknya berkelok-kelok seperti gerak air atau bentuk oval/bulat (unsur logam). Kolam dengan tema minimalis, kaku dan kotak-kotak, sangat tidak tepat diterapkan pada sektor ini.

Elemen logam dalam bentuk lampu taman yang terbuat dari besi berwarna hitam atau putih juga dapat diterapkan pada sektor ini. Lampu taman memang termasuk unsur api, tapi tetap bisa diterapkan asal tidak berlebihan. Elemen yang perlu dihindari adalah elemen atau unsur batu. Di sektor ini, hindari taman dan kolam berhias relief tebing dan batu-batuan.

Taman di sisi utara rumah tidak bagus bila terlalu banyak elemen batu. (Foto: net).

Jika taman terletak di di depan rumah, sangat selaras dengan memakai pagar logam berwarna hitam atau putih. Bisa pula dengan pagar berbahan kayu yang diawetkan. Jika terpaksa harus memakai pagar dengan bahan batu, bisa dinetralisir dengan warna putih. Pemakaian pagar dengan bahan kombinasi antara batu dan besi juga cocok.

Tanaman yang cocok untuk taman di sektor ini bisa dipilih tanaman yang berwarna hitam (unsur air) dan gerakan tumbuh yang memancar dan hidup di air. Tanaman berwarna hitam misalnya puring, gerakan tumbuh memancar seperti tanaman pakis, dan yang tumbuh di air berupa aneka tanaman air seperti teratai dan melati air.

“Sementara hewan peliharaan yang cocok untuk sektor ini adalah aneka jenis ikan kolam dan kura-kura. Bisa dipelihara salah satu atau dua-duanya,” jelas Haryanto. HK (Bersambung)

 

1 2 3

Article Tags:
Article Categories:
Fengshui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares