Kelenteng Mbah Ratu Gelar Bakti Sosial Pemasangan Kaki Palsu

Written by

Hiomerah –  “Iya senang. Semoga nanti bisa buat main sepak bola. Terimakasih atas pemberiannya.”

Minggu (24/4/2022) siang, Lukman tampak duduk di sebuah kursi di ruang depan Kelenteng Sam Poo Sing Bio, Jalan Demak, Surabaya. Celana pendek yang dipakainya memperlihatkan ada yang tak biasa pada fisik laki-laki 10 tahun asal Sumenep ini.

Kaki kirinya berbeda dari kaki sebelah miliknya. Warnanya lebih cerah tapi terlihat kaku. Iya, kaki kiri lukman adalah kaki palsu. Ia baru saja mendapatkannya bersama empat orang penyandang disabilitas yang senasib dengannya.

“Iya senang. Semoga nanti bisa buat sepak bola. Terimakasih atas pemberiannya,” kata Lukman yang datang ke Surabaya diantar bapak dan beberapa orang keluarganya.

Sebanyak 5 kaki palsu diberikan untuk 5 orang disabilitas dari beberapa daerah di Jatim.

Lukman dan empat orang lain mendapat kaki palsu dalam bakti sosial yang diadakan Kelenteng Sam Poo Sing Bio. Tempat peribadatan Tri Dharma yang lebih dikenal sebagai Kelenteng Mbah Ratu ini, bekerjasama dengan Yayasan Moral Sejati Surya Gemilang (De Jiao Hui Ming Shan Shan Ge).

“Kami bantu untuk mencarikan dana. Yayasan Moral Sejati Surya Gemilang membantu menyiapkan kaki palsu yang disumbangkan,” jelas Ketua Umum Yayasan TITD Sam Poo Sing Bio, Hartadi Tanuwijaya kepada hiomerah.

Dari sekian banyak kegiatan sosial yang pernah diadakan Kelenteng Sam Poo Sing Bio, bakti sosial pemasangan kaki palsu merupakan yang pertama. Diawali dengan lima orang yang berasal dari beberapa daerah di Jawa Timur.

“Yang pertama ini semua dari Jawa Timur. Ada dari Surabaya, Sumenep, dan Kediri. Kami mendapat nama yang mau diberi sumbangan ini dari relasi-relasi kami,” imbuh Hartadi.

Menurut Hartadi, ke depan yayasan kelenteng yang dipimpinnya berupaya mengadakan bakti sosial semacam ini lagi. Ia berharap bisa menularkan kebaikan ini kepada semua kalangan yang memang membutuhkan.

Ketua Yayasan TITD Sam Poo Sing Bio menyerahkan bingkisan kepada Lukman, penerima kaki kalsu dari Sumenep.

“Kami berupaya ke depan bisa diadakan lagi, tetap seperti hari ini untuk semua kalangan yang memang membutuhkan. Semoga apa yang kami lakukan ini bisa membawa berkah, kesehatan, kemakmuran, khususnya untuk masyarakat Jawa Timur,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Yayasan Moral Sejati Surya Gemilang, Agun, mengungkapkan, bahwa organisasinya telah mengadakan kegiatan pemasangan kaki palsu tak kurang dari 30 kali. Kegiatan ini diadakan di beberapa kota di Indonesia.

“Tidak hanya bekerja sama dengan kelenteng tapi juga dengan tempat-tempat lain yang memang ingin mengadakan bakti sosial seperti ini,” kata Agun. HK

Article Tags:
Article Categories:
Kabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares